Tips dan trik menghadapi depresi

|
Pernahkan Anda merasakan depresi?? Depresi atau keadaan tertekan dapat dihilangkan dengan cara merenungi Firman Allah secara sabar dan mengharapkan Dia bertindak. Ada dalam Alkitab,“Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku” (Mazmur 42:6). “Namun aku berdiri di sini tertekan dan murung, tetapi aku akan merenungi kebaikan-Mu untuk negeri tercinta ini di mana mengalir Sungari Yordan dan berdirinya gunung Hermon dan gunung Mizarm" (Mazmur 42:7).

Doa adalah suatu kunci untuk menangani rasa tertekan atau depresi. Ada dalam Alkitab,” dan dengan hati pedih ia berdoa kepada TUHAN sambil menangis tersedu-sedu” (1 Samuel 1:10). Adalah berguna apabila anda menghitung berkat-berkat anda. Ada dalam Alkitab,” Biarlah mereka bersyukur kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, karena perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib terhadap anak-anak manusia, sebab dipuaskan-Nya jiwa yang dahaga, dan jiwa yang lapar dikenyangkan-Nya dengan kebaikan” (Mazmur 107:8-9).

Pujian kepada Tuhan dapat mengusir rasa tertekan. Ada dalam Alkitab, “Aku hendak memuji TUHAN pada segala waktu; puji-pujian kepada-Nya tetap di dalam mulutku. Karena TUHAN jiwaku bermegah; biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya dan bersukacita. Muliakanlah TUHAN bersama-sama dengan aku, marilah kita bersama-sama memasyhurkan nama-Nya! Aku telah mencari TUHAN, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku” (Mazmur 34:1-3).

Musik Kristiani dapat menolong mengusir rasa tertekan. Ada dalam Alkitab,”Bersorak-sorailah, hai orang-orang benar, dalam TUHAN! Sebab memuji-muji itu layak bagi orang-orang jujur. Bersyukurlah kepada TUHAN dengan kecapi, bermazmurlah bagi-Nya dengan gambus sepuluh tali! Nyanyikanlah bagi-Nya nyanyian baru; petiklah kecapi baik-baik dengan sorak-sorai! (Mazmur 31:2-3). “Hendaknya semua sukacita orang-orang saleh berwujudkan puji-pujian kepada Tuhan, karena adalah benar memuji Dia. Mainkan melodi pujian yang gembira dengan gambus dan kecapi. Gubahlah lagu-lagu baru untuk memuji Dia, diiringi secara terampil dengan kecapi; bernyanyilah dengan gembira” (Mazmur 31:2-3, TLB).

Merasa tertekan dan kecewa tidak bertahan selama-lamanya. Ada dalam Alkitab,“Sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai” (Mazmur 30:5, TLB).

Memelihara hukum Allah dapat menolong membawa damai kepada seseorang yang tertekan. Ada dalam Alkitab,”Besarlah ketenteraman pada orang-orang yang mencintai Taurat-Mu, tidak ada batu sandungan bagi mereka” (Mazmur 119:165).
 

Copyright © 2010 Data-Data Kebenaran Blogger Template by Dzignine